Maria Bernadeta Sutari Ibu Pengasuh Sos Desa Taruna "Mengasuh Anak Itu Suatu Panggilan"

“Mengasuh anak itu suatu panggilan”, tutur ibu Maria Bernadeta Sutari yang akrab di panggil ibu tari dikalangan anak-anak di sos desa taruna. Hal ini didasari pada pe-ngalaman selama 20 tahun, beliau mengasuh anak di sos desa taruna, karena menurut pengalamannya, beliau tidak hanya menjadi sosok ibu tapi sosok ayah untuk mendidik anak – anak asuhnya.
Wanita kelahiran 26 juli 1945 yang lahir di Magelang, tepatnya di Desa Bintaro Kelurahan Sukorejo Kecamatan Mertoyudan ini, menceritakan saat beliau memulai sebuah “panggilan”. Berawal dari tawaran adik perempuan ibunya yang bekerja sebagai pegawai kesehatan di RS Bhayangkara Semarang. Ibu Sutari menerima tawaran yang diberikan, karena ingin mencari kesibukan dan untuk mencari kepuasan batin, setelah suaminya yang seorang tentara kopasus itu meninggal dunia. Dua bulan setelah mengikuti psikotes di Lembang Bandung, beliau diterima menjadi salah satu pengasuh di sos desa taruna tepat pada tanggal 29 oktober 1988. Keluarganya pun banyak yang mendukung termasuk orang tua dan kedua anak lelakinya..


Tiga bulan pertama mengasuh, beliau merasa ragu karena beliau tidak mengasuh anaknya sendiri melainkan anak orang lain yang saat itu berjumlah 11 anak terdiri dari 3 anak wanita dan 8 anak laki-laki. karena beliau dituntun untuk menjadi seorang panutan sekaligus pelindung bagi anak asuhnya. Setelah menginjak bulan keempat ada hal yang membuat beliau betah, karena saat itu beliau menerima bayi wanita berusia 1 bulan untuk diasuh, setelah itu beliau merasa tinggal di rumah sendiri dan lebih mencintai anak-anak asuhnya. Sehingga sampai saat ini beliau telah mengasuh anak sebanyak 22 orang
Selama 20 tahun mengasuh mengalami suka dan duka, salah satunya ialah kesuksesan anak yang diasuhnya, mendapatkan nilai bagus, dan prestasi merupakan suatu kebanggaan yang didapatkannya, tapi tidak sedikit anak yang susah untuk diarahkan, sehingga mengalami kegagalan. Hal inilah yang membuat beliau sedih.
Menanggapi tahun anak dan remaja yang di canangkan KAS beliau berpendapat, bahwa anak- anak sekarang perlu didukung dan diarahkan, selain itu beliau juga me-nyarankan, untuk mendidik anak kita perlu mengetahui bagaimana karakter anak, sehingga saat mendidik atau mengasuh, kita tahu bagaimana cara kita untuk mengarahkan anak- anak kita. Beliau juga mengutarakan perbedaan anak yang diasuhnya dulu dan sekarang, bahwa anak sekarang karena terpengaruh acara televisi dan permainan modern lebih kritis tetapi susah diatur.
Sosok Ibu Sutari patut menjadi teladan orang tua sekarang, karena beliau mampu mengarahkan dan mendidik anak- anak asuhnya untuk menjadi anak yang mandiri, kreatif dan mempunyai keimanan yang kuat. Bagaimana dengan anda? ( Danu )

0 comments:

Post a Comment