KARYA KERASULAN KELUARGA PAROKI SANTA MARIA FATIMA BANYUMANIK

Tim Kerja Pendampingan Keluarga (TKPK) merupakan salah satu tim di bawah koordinasi Bidang Paguyuban dan Persaudaraan Dewan Paroki St. Maria Fatima BanyumanikTugas TKPK sebagaimana ditetapkan dalam PPDP St. Maria Fatima Banyumanik th 2007, adalah:
a. Membantu menciptakan keluarga sebagai Gereja mini
b. Membantu umat semakin dapat menghayati dan mengamalkan iman sebagai keluarga Kristiani.
c. Menyelenggarakan kursus persiapan perkawinan
d. Mengadakan pendampingan keluarga
Dalam melaksanakan tugasnya, TKPK mengajak, mendorong dan meningkatkan kegiatan keluarga-keluarga Katolik se-paroki untuk membangun kesejahteraan keluarga melalui berbagai karya kerasulan keluarga (bdk Dorektorium Komisi Keluarga KWI 1998, pasal 3)

TKPK sendiri memiliki visi yang ingin dicapai yaitu


· Menjadikan keluarga sebgai gereja kecil (Eclesia Domestica) Keluarga menjadi pewarta iman bagi ank-anak dan sel pertama yang sangat penting bagi masyarakat. Dengan demikian keluarga ikut ambil bagian dalam kehidupan Gereja dengan menjadi komunitas basis yang menampakkan kehadiran Kristus melalui cinta kasih pasangan suami istri serta kerja sama antar anggota keluarga.
· Mewujudkan Kerajaan Allah dalam keluarga. Kerajaan Allah berarti campur tangan Allah yang menyelamatkan, membebaskan dunia dari kuasa kejahatan. Pewartaan mengenai kerajaan Allah itu oleh Yesus ditunjukkan pada pertobatan manusia. “ Bertobatlah dan percayalah kepada Injul” (Mrk. 1:15). Konkretnya dalam setiap keluarga Kristiani harus terwujud misalnya suasana rukun, damai, penuh cinta kasih, saling memafkan dan saling membantu, dll.
· Mewujudkan keluarga-keluarga kristiani menjadi teladan dalam kehidupan berkeluarga. Menjadi keluarga yang baik bagi dirinya sendiri belumlah cukup. Keluarga Kristiani juga dipanggil untuk menjadi garam dan terang dunia (Mat. 5: 13-16). Kehadirannya di masyarakat untuk menjadi saksi Kristus yang menggarami dan membawa terang.

Misi TKPK adalah: 1.beruasaha membantu keluarga-keluarga dalam menghayati iman dan kehidupan keluarga secara maksimal serta mendampingi mereka dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan kehidupan zaman; 2. kerasulan keluarga mendukung kerasulan panggilan dan semangat missioner, karena ada keyakiunan bahwa kehidupan keluarga yang baik merupakan lahan yang subur bagi panggilan iman, panggilan hidup membiara, dan bagi lahirnya keluarga-keluarga yang lebih baik.

STRATEGI KERASULAN KELUARGA

Melakukan kerjasama lintas kerasulan dan kelompok pemerhati keluarga baik yang ada di paroki mauoun di luar paroki. Melalui kerasulan keluarga ini, para keluarga memperoleh pengetahuan yang memadai tentang ajaran-ajaran gereja, mengenai kehidupan keluarga, harapannya keluarga-ke-luarga tersebut semakin teguh dalam penghayatan imannya.
Kerasulan keluarga berusaha untuk merintis tersedianya berbagai informasi dan sarana membangun kehidupan keluarga, sehingga memungkinkan disampaikannya atau ditanggapinya berbagai tawaran program Gereja, seperti retret, rekoleksi. Mariage Encounter (ME), CFC (Couple for Chirst)

PELAKASANA
Sebagai penanggung jawab utama adalah Pastor Paroki yang merupakan pendamping pastoral bagi seluruh umat paroki, termasuk keluarga-keluarga di parokinya. TKPK Paroki melaksanakan tugas dengan personil sbb Alb. Suyanto (coordinator), Br. Vincentius Subiyanto CSA, Sr. Paula Suwarni OSF, FX. Subroto, Amb Suyanto, St. Djoko Prasetyo, Y. Naryo, P. Krismasto, Pasutri St Imam Sardjono, Y. Darmo Saputro, MS. Endro Utomo, V. Haryanto. Masih sangat diharapkan kesediaan para professional katolik (seperti dokter, bidan, perawat, ahli hukum, psikolog, konselor, dan ahli-ahli lainnya), dan pasutri yang sudah berpengalaman dalam gerakan ME atau CFC untuk bergabung dalam tim ini. Masa bakti tim ini sesuai dengan masa bakti Dewan Paroki, yaitu 3 tahun
Karya kerasulan warga dilakukan oleh keluarga-keluarga di lingkungan, gabungan dari beberapa lingkungan, wilayah, atau paroki, dan tidak dibatasi oleh tempat, waktu, dan masa bakti. Karya ini hendaknya dilaksanakan berdasarkan kebutuhan, bukan karena kewajiban.
Surat menyurat dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tugas dan karya ini disampaikan lewat sekretariat paroki atau melalui koordinator tim kerja (Bp Albertus Suyanto, Jl. Rasamala IV/37 Banyumanik, Wilayah St Thomas, tlp 024 7476632) (TKPK Paroki St. Maria Fatima Banyumanik)

0 comments:

Post a Comment